RAKERNAS IV ASDEKSI Banjarmasin, 17-20 Maret 2010

Sebagai tindak lanjut dari Musyawarah Nasional (MUNAS) III Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia di Jakarta, Rapat Kerja Nasional merupakan salah satu forum organisasi dalam menentukan arah perjalanan organisasi untuk masa satu tahun kedepan. Rapat Kerja Nasional IV Asosiasi DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia atau RAKERNAS IV ASDEKSI adalah suatu agenda tetap yang diamanatkan oleh organisasi untuk dilaksanakan minimal sekali dalam setahun oleh Dewan Pengurus ASDEKSI. Dan untuk tahun 2010 setelah melalui persiapan yang panjang, pelaksanaan RAKERNAS IV yang mengambil tempat di kota Banjarmasin diikuti oleh kurang lebih 450 anggota dan pengurus ASDEKSI beserta undangan. Dengan tema RAKERNAS “Membangun Sinergitas Dalam Mendorong Optimalisasi Kelancaran Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang DPRD Sesuai Amanat Undang-Undang No. 27 Tahun 2009”. Beberapa poin program kerja yang diarahkan untuk membekali tugas dan fungsi Sekretariat DPRD dalam mendukung pelaksanaan tugas – tugas tri fungsi DPRD periode 2009-2014 menjadi titik perhatian untuk dibahas seluruh peserta RAKERNAS.
Dari rangkaian agenda kegiatan RAKERNAS, sehari sebelum acara pembukaan tepatnya malam tanggal 17 Maret 2010 Pemerintah kota Banjarmasin berkenan menerima seluruh peserta RAKERNAS dalam acara wellcome dinner dan ramah tamah yang digelar di halaman Balai Kota Banjarmasin. Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan pemerintah kota atas dipilihnya Banjarmasin sebagai tuan rumah pelaksanaan RAKERNAS IV ASDEKSI. Dalam sambutannya Wakil Walikota Banjarmasin H. Alwi Sahlan berharap semoga kegiatan RAKERNAS IV ASDEKSI bisa berjalan lancar dan sukses dengan menghasilkan program kerja yang tepat sasaran dan bermaafaat bagi seluruh anggota ASDEKSI. Begitu pula seluruh peserta bisa mandapat kesan indah tentang Banjarmasin sebagai kota seribu sungai. Pada acara teresebut juga dimeriahkan dengan berbagai acara kesenian diantaranya tari maniti buih yang mengisahkan tentang warga Kuin yang giat bekerja sebagaimana tergambar dalam aktifitas masyarakat di pasar terapung.
Pembukaan Rakernas IV ASDEKSI
Bertempat di ballroom Hotel Banjarmasin Internasional acara pembukaan RAKERNAS IV ASDEKSI diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua hadirin, yang dilanjutkan dengan pembacaan laporan Ketua Panitia Pelaksana Drs. H. Aminudin Latif, M.Si. Dan selanjutnya berturut turut acara sambutan Ketua Umum ASDEKSI Drs. Mas’ud, MM dan sambutan Gubernur Kalsel, H. Rudy Arifin, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Mukhlis Gafuri sekaligus membuka RAKERNAS IV ASDEKSI.
Dalam sambutannya Gubernur Kal-Sel mengharapkan agar Rakernas IV Asdeksi dapat melahirkan program kerja baru tahun 2010 sebagai kelanjutan program kerja tahun sebelumnya dalam mendukung tugas dan fungsi DPRD Kota dan Kabupaten serta rekomendasi strategis dalam rangka memberdayakan fungsi dan tugas sekwan. Lebih jauh diharapkan pula semoga cita-cita semangat dan harapan awal yang mengilhami terbentuknya ASDEKSI bisa lebih optimal lagi sehingga ASDEKSI dapat menjadi tempat dan ruang untuk pengembangan kemampuan sekwan dalam menjalankan fungsi dan tugas kesekretariatan sesuai mandat Undang-Undang. Karena dimasa yang akan datang tantangan dan persoalan di daerah akan semakin kompleks, maka diharapkan keberadaan ASDEKSI tetap menjadi payung pembinaan maupun peningkatan komunikasi dan koordinasi di kalangan sekwan, sehingga kinerja sekwan dalam memenuhi amanat undang-undang, kepercayaan Pemerintah daerah dan DPRD bisa dilaksanakan semaksimal mungkin.
Dari rangkaian acara pada sesi pembukaan dilaksanakan juga acara penyerahan santunan dari ASDEKSI kepada empat orang sekwan yang wafat selama kurun waktu Juni 2009 – Maret 2010 ( Sekwan Kab. Bojonegoro, Sekwan Kab. Barito Utara, Sekwan Kab. Asahan, dan Sekwan Kab. Cianjur ). Santunan yang sama juga diberikan kepada anak yatim melalui dua panti asuhan yang berada di kota banjarmasin sebagai bentuk kepedulian sosial ASDEKSI.
Disela sela acara pembukaan sebelum seluruh peserta memasuki agenda sidang rapat pleno I, acara dilanjutkan dengan ceramah dan diskusi dengan narasumber dari Kementerian Negara Pendayagunaan aparatur Negara Republik Indonesia. Paparan yang mengambil tema tentang reformasi birokrasi disampaikan oleh Deputi Bidang Tatalaksana Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Dr. Ismail Mohammad, MBA.
Selanjutnya pada sesi kedua, guna meningkatkan wawasan peserta rakernas terkait peran sekwan dalam pengendalian keuangan DPRD untuk mencegah tindak korupsi, panitia juga menghadirkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada kesempatan tersebut hadir mewakili KPK adalah penasehat KPK. Abdullah Hehamahua menilai Indonesia bisa runtuh jika korupsi di negara ini masih marak dan terus merajalela. Hal ini beralasan karena dengan merajalelanya korupsi, dampaknya akan berpengaruh terhadap seluruh tatanan kehidupan, berbangsa dan bernegara, baik dari sisi politik, jalannya roda pemerintahan, penegakkan hukum, pertahanan, ekonomi, hingga sosial budaya. Betapa tidak, lanjutnya jika melihat kenyataan atau fakta yang terjadi kejahatan korupsi saat ini sudah meluas. Bahkan sangat sistemik karena merasuki hampir seluruh Indonesia, mulai pemerintah pusat hingga daerah.
Rapat Pleno dan Rapat Komisi
Setelah melewati beberapa perdebatan panjang yang khas pada setiap event Rakernas maupun Munas, panitia pengarah/streering committee yang terdiri dari Drs. H. Mohd. Isa Sigit, MM, Widyo Prayitno, SH dan Drs. Hermanto, M.Hum akhirnya berhasil mengantar beberapa agenda Rapat pleno I seperti pengesahan jadwal acara, tata tertib rakernas dan pemilihan pimpinan sidang.
Setelah sesi rapat pleno I sidang kemudian dilanjutkan oleh pimpinan sidang yang baru yang terdiri dari Ketua – Drs. Yuno Lekito, M.Si/Sekwan Kab. Manokwari, Wakil Ketua – Drs. M. Syachrul Koswara, MM/Sekwan Kab. Purwakarta, Sekretaris Ir. H. Ahmad Usman M.AP/Sekwan Kab. Penajam Paser Utara, Anggota Manhar, SH/Sekwan Kab. Bengkulu Utara, dan Drs. H. Syamsul Bachri/Sekwan Kab. Luwu Utara dengan agenda tugas membahas pembagian peserta rapat komisi dan pelaksanaan rapat-rapat komisi yang akan membahas berbagai program kerja ASDEKSI.
Pada pelaksanaan rapat-rapat komisi dipercaya yang memimpn sidang untuk komisi A bidang Organisasi adalah Abdur Razak Jakra, SH/Sekwan Kab. Flores Timur, H. Dahlan, SH, MM/Sekwan Kab. Muna sementara pimpinan sidang untuk komisi B bidang program kerja : A.G. Latuheru/Sekwan Kota Ambon, Harun Noho/Sekwan Kab. Gorontalo, dan Rosmawaty/Sekretariat Kota Medan-Kasub Risalah.
Sementara itu pada komisi C bidang rekomendasi yang dipimpin Wahyuning Nurbayah/Sekwan Kab. Kudus, Drs. Dono Djoeanda Endo/Sekwan Kab. Indramayu, dan Drs. Y. Librafortunan M.AP/Sekretariat DPRD Kota Padang, berusaha menyatukan semua usulan yang masuk untuk dijadikan prioritas sehingga menjadi rekomendasi yang bisa disepakati oleh seluruh peserta RAKERNAS IV ASDEKSI. Beberapa isyu yang cukup menarik dibahas peserta Rakernas untuk dijadikan rekomendasi adalah peraturan pemerintah sebagai tindak lanjut dari Undang – Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Setelah PP tentang tata tertib DPRD dikeluarkan pemerintah maka dalam implementasinya perlu adanya peraturan pelaksanaan yang mengatur lebih lanjut terkait dengan Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD.
Penutupan
Dalam suasana penuh keakraban acara penutupan yang digelar pada tanggal 19 Maret pukul 20.00 WITA, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, H. Rusian yang berkenan hadir untuk menutup RAKERNAS IV ASDEKSI dalam sambutannya mengharapkan agar tugas dan fungsi sekwan senantiasa ditingkatkan. RAKERNAS sebagai forum yang sangat bagus dalam merencanakan pengembangan organisasi ASDEKSI dirinya mengharapkan agar supporting dan hubungan yang sudah baik antara sekwan dan Anggota DPRD Kota/Kabupaten supaya lebih diintensifkan lagi. Hal ini sebagai cermin atas peran dan fungsi sekwan yang sangat strategis dalam mendukung tugas dan fungsi DPRD seperti yang terlihat pada saat pelantikan, dan pelaksanaan trifungsi DPRD hingga akhir periode jabatan. Dengan kesadaran dan peran sekwan yang baik, di beberapa daerah harmonisasi dan kemitraan antara Kepala daerah dan DPRD berjalan baik karena bisa jadi koordinasi antara Kepala Daerah dengan Sekwan begitu pula komunikasi sekwan dengan dengan Pimpinan dan Anggota DPRD juga berjalan baik. Akhirnya RAKERNAS IV ASDEKSI ditutup setelah penyerahan cinderamata dan acara hiburan.
Sampai ketemu pada RAKERNAS V Tahun 2011 di kota Makassar. (Red.@rma&vidy)
IMG_8226IMG_8239IMG_8302IMG_8662

Scroll to Top