Gelar Rakor, Ketua Asdeksi Korda Sulselbar Singgung Peran Setwan Sebagai Aparat Birokrasi Dalam Ranah Politik

Facebook
Twitter
WhatsApp
Print
Email
Telegram

Kegiatan rapat konsolidasi Pengurus Daerah (PD) Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Asdeksi) Korda Sulawesi Selatan dan Barat tahun 2022 (10/3/2021) resmi dibuka. Kegiatan kali ini Sekretariat DPRD Bantaeng menjadi tuan rumah. 

Hadir pada acara pembukaan, Bupati Bantaeng, DR H Ilham Syah Azikin, Ketua Asdeksi Korda Sulselbar, Drs Sainal Hayat, Narasumber, Udoyo Hari Wirawan, BPKP Perwakilan Sulawesi Selatan serta Para sekwan Se Sulselbar beserta staf. 

“Mudah-mudahan di rapat konsolidasi ini bisa merekomendasikan hal-hal yang nantinya memang membantu tugas dan fungsi dari sekretariat DPRD masing-masing kabupaten/kota, hingga bisa diimplementasikan untuk meweujudkan
sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam kerangka pembangunan daearah,” kata Ilham Syah Azikin. 

Lanjut Bupati Bantaeng ini menjelaskan bahwa tugas dan fungsi Sekertaris DPRD adalah jabatan strategis dan vital yang ada dilingkup pemerintah daerah karena harus memberikan pelayanan kepada DPRD dan juga kepada kepala daerah sebagai perangkat daerah.

 Harapan serupa juga disampaikan Ketua Asdeksi Korda Sulselbar, Sainal Hayat. Dia berharap agar raker Asdeksi tersebut
bisa merumuskan rekomendasi-rekomendasi yang akan dipersiapkan untuk Rakornas DPN Asdeksi, terutama terkait issu dalam menjalankan tugas pemerintahan di daerah.

 “Raker ini kita harapkan bisa merumuskan rekomendasi yang disampaikan di Rakornas, berdasarkan evaluasi sistem regulasi penyelanggaraan pemerintah daerah yang menjadi kendala khususnya Sekretariat DPRD,” harap Sainal Hayat.

 Ketua Asdeksi Korda Sulselbar yang juga Sekertaris DPRD Wajo juga menyinggung peran Sekretaris DPRD dalam menjaga hubungan antara Legislatif dan Eksekutif. 

“Untuk menjaga hal itu, diperlukan untuk meningkatkan konsolidasi, memberikan informasi, serta komitmen dalam mewujudkan kualitas layanan mengingat peran Sekretariat Dewan (Setwan) sebagai aparat birokrasi dalam ranah politik sehingga perlu perofesionalitas dalam menjalankan tugas,” terangnya.

 Sehingga kata dia Setwan perlu membekali diri dengan kompetensi yang handal, demi memberikan layanan publik yang maksimal bagi lembaga DPRD serta mendukung pemenuhan tugas pokok dan fungsi DPRD.

 Seperti diketahui, kegiatan rapat konsolidasi Asdeksi Korda Sulselbar yang diselenggarakan di Kabupaten Bantaeng juga dilaksanakan dengan penerapan protokol yang ketat. 

Selain itu, raker tersebut juga diikuti oleh 70 orang peserta yang berasal dari Sulawesi Selatan dan Barat

 Sedangkan untuk memperdalam informasi terkait tema yang diangkat, rapat Konsolidasi tersebut membawa pembicara Auditor seperti Udoyo Hari Wirawan, Koordinator Pengawas BPKP Perwakilan Prov. Sulawesi Selatan dan Abidin Bengnga, Dalnis, BPKP Perwakilan Prov Sulawesi Selatan dengan Materi “Perspektif Pemeriksaan  terhadap Pemenuhan Hak Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD oleh Sekretariat DPRD.(*)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent News

Editor's Pick