Berita

WamenPAN: PNS Harus Bekerja Dari Hati

Jakarta – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN) Eko Prasojo meminta jajaran birokrasi agar tidak terjebak dalam rutinitas. Terlebih dalam merencanakan program masing-masing instansi, harus ada inovasi-inovasi sehingga setiap rupiah dari uang Negara yang dibelanjakan dapat memberi manfaat bagi masyarakat.
“Ini membutuhkan kesabaran, dan kita harus bekerja dari hati. Dengan demikian, kita bekerja business as ussual. Karena yang dilakukan sebelummnya begitu, maka sekarang juga begitu,” ujar Eko seperti dikutip dari situs KemenPAN, Selasa (29/1/2013).
Dikatakan Eko lebih jauh, saat ini penyusunan program kerja yang dilakukan oleh kementerian/lembaga/maupun pemerintah daerah banyak yang terkesan copy paste dari program-program tahun sebelumnya. Jajaran birokrasi sering kurang memperhatikan outcome atas program maupun kegiatan yang telah dan akan dilaksanakannya. “Hal ini harus diubah,” tegas Eko.
Eko menambahkan, reformasi birokrasi yang dilakukan oleh setiap kementerian/lembaga maupun pemda memiliki karakteristik. Karena itu, guru besar FISIP UI ini mengajukan tantangan, agar reformasi birokrasi dapat memberikan warna yang kuat.
“Ini tantangan bagi pimpinan beserta segenap jajaran PNS untuk menyusun rencana dan program-program yang lebih membumi, serta mewujudkannya dengan konsisten,” ujarnya. @ Herdaru Purnomo – detikfinance 290113