Galeri Kegiatan

Workshop Bali 14-17 Oktober 2011

“Meskipun saat ini banyak masalah yang kita hadapi, hukum harus tetap ditegakkan. Sebagai contoh kasus korupsi, aturan hukum dan pengadilannya telah dibuat tapi sampai saat ini masih banyak orang yang melakukan korupsi apalagi bagaimana jika tidak ada aturan hukumnya. Terkait banyaknya orang yang diperiksa Kejaksaan, itu karena adanya kasus dan telah cukup bukti untuk diperiksa. Mengenai adanya Jaksa yang nakal, Kejaksaan akan mencari bukti dan akan memeriksa Jaksa yang bersangkutan. Di intern Kejaksaan ada komisi kejaksaan yang akan menindaklanjuti. Demikian beberapa jawaban yang disampaikan Wakajati Bali pada saat dialok dengan peserta acara workshop Nasional ASDEKSI “Membangun Kapasitas Kelembagaan Sekretariat DPRD Dalam Rangka Optimalisasi Supporting Sistem DPRD ini berlangsung dari tanggal 14 -17 Oktober 2011 di Sanur Bali.
Kejaksaan Agung RI yang diwakili oleh Wakajati Bali Isno Ihsan memaparkan materi “Kewenangan Kejaksaan Dalam Penanganan Tindak Pidana Korupsi – Sosialisasi UU TIPIKOR” ini mendapat banyak respon dan apresiasi dari peserta. Beberapa pertanyaan kritis seperti apa dasar kejaksaan melakukan pemanggilan?, apa tindakan Kejaksaan atas perilaku Jaksa yang mencari cari masalah?. Terkait pertanyaan kapan Kejaksaan boleh intervensi menangani masalah terkait adanya indikasi pelanggaran dari pemeriksaan BPK? Isno menjelaskan bahwa dasarnya itu adalah penyelidikan dan penyidikan. Sebagai tahapan, Kejaksaan sebenarnya sudah boleh melakukan pemeriksaan jika saat itu sudah ada informasi terkait penyimpangan.
Selain menghadirkan narasumber dari Kejaksaan RI, Acara workshop nasional yang dibuka oleh Ketua umum Asdeksi Drs. Aminuddin Latif, M.Si, juga menghadirkan Kasminto, Ak, MBA dari BPKP. Kasminto, Ak, MBA yang juga Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I yang mengisi materi Manajemen Pengelolaan Aset Daerah Untuk Penyusunan Neraca pada Sekretariat DPRD, menjelaskan bahwa permasalahan pengelolaan aset atau barang inventaris pada sekretariat DPRD telah menjadi persoalan tersendiri sejak terjadi pemekaran dan otonomi daerah dalam lima tahun terkhir. Ia menjelaskan manajemen aset daerah sesuiai PP No 6 tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah pada pasal 3 (1) dan Permendagri No 17 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah pasal 4 juga menyatakan suatu siklus BMD yang dimulai dari Perencanaan Kebutuhan dan Penganggaran, Pengadaan, Penerimaan, penyimpanan dan penyaluran, Penggunaan, penatausahaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, penghapusan, pemindahtanganan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian, pembiayaan dan tuntutan ganti rugi.
Di sisi lain guna memberikan pemahaman terkait legal drafting, materi yang disajikan pada workshop di Bali juga mengangkat masalah ‘Supporting Sekretaris DPRD Dalam Pembuatan Legal drafting’. Tampil sebagai narasumber Dr. Adi Suryanto, M.Si dari LAN RI. Selain permintaan dari anggota Asdeksi alasan materi ini diangkat juga karena masih banyak daerah yang minim dalam pembuatan perda. Pada kesempatan tersebut Adi juga memaparkan Keputusan Kepala BPHN No. G.159.PR.09.10 Tahun 1994 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Naskah Akademik Peraturan Perundang-Undangan. Meskipun aturan teknis penyusunan perda sudah lama ada namun diakui saat ini masih banyak daerah yang belum siap. Adi menilai hal ini karena pada sekretariat DPRD masih menghadapi kendala seperti Kelembagaan (Review organisasi dan Job Description), SDM, Tatalaksana (SOP, SPP, E-office, Sistem Informasi) dan Sarana prasarana.
Terkait materi pengadaan barang dan jasa yang masih sering diharapkan peserta, Asdeksi kembali menghadirkan Ir. Harmawan Kaeni dari LKPP sebagai narasumber ‘Problematika Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat DPRD’. Selain dialog yang interaktif dan bersifat konsultasi, paparan dari tema materi ini mendapat respon positif dari peserta karena tanya jawab yang berlangsung lebih spesifik untuk menjawab seputar permasalahan di sekretariat DPRD. @deki&jackop
IMG_1894-CopyIMG_2042-copy
IMG_1855-copyIMG_1853-copy
IMG_1961-copy
IMG_1965-copy