Galeri Kegiatan

Rapat Kerja Nasional II, Balikpapan Juli 2007

Upaya Pembenahan Organisasi
(Balikapapan-kalimantan Timur, 11-14 Juli 2007)
Dinamika perkembangan organisasi setiap saat mengalami perubahan sesuai tantangan dan perkembangan zaman. Tidak terkecuali Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/kota seluruh Indonesia-ASDKESI. Memasuki usianya yang ke enam pada tanggal 9 November 2007, ASDEKSI melaksanakan Rapat Kerja Nasional II pada tanggal 11-14 Juli 2007 di kota Balikapapan-kalimantan Timur.
Sebagai tindak lanjut dari hasil keputusan RAKERNAS I di Batam tanggal 17 – 20 September 2006 yang mengamanahkan dilaksanakannya RAKERNAS II tahun 2007 di Balikpapan maka pelaksanaan RAKERNAS II ASDEKSI yang juga sebagai wadah konsolidasi sesama Anggota dan Pengurus ASDEKSI diarahkan untuk saling memberikan informasi kepada Anggota melalui Pengurus-Pengurusnya. Peningkatan kerjasama ini dimaksudkan untuk memberikan mamfaat bagi Anggota sehingga akhirnya menumbuhkan sense of belonging di antara Pengurus dan Anggota.
RAKERNAS II ASDEKSI sebagai suatu wadah konsolidasi antara Pengurus dan Anggota dengan agenda evaluasi program kerja, menampung, membahas, dan memutuskan usulan peserta sebagai bentuk persiapan agenda program kerja berikutnya senantiasa dilaksanakan untuk menjalin komunikasi antara Pengurus dan Anggota. Adanya agenda program kerja dari hasil RAKERNAS sebagai amanah organisasi dengan perkembangan keadaan terkadang tidak semuanya dapat terealisasi dengan baik. Dengan prioritas kerja diharapkan hasil – hasil keputusan dari RAKERNAS dapat terlaksana dalam satu tahun.
Selain itu sebagai evaluasi tolak ukur program kerja sebelumnya dan mempersiapkan program kerja 2007-2008, RAKERNAS II ASDEKSI juga dimaksudkan untuk menyikapi peran dan fungsi sekwan dalam mendukung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam era Otonomi Daerah yang sangat signifikan dengan dikeluarkannya kebijakan-kebijakan dalam mencapai tujuan otonomi daerah. Menyadari fungsi penting sebagai supporting sistem bagi DPRD, dengan dasar dari tugas dan fungsi Sekwan untuk memberikan dukungan dan fasilitas terhadap penyelenggaraan tugas dan wewenang DPRD sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, ASDEKSI berupaya melakukan pembenahan organisasi antara lain berupa peningkatan kapasitas Sekwan dan staf, meningkatkan jaringan informasi dan komunikasi serta mencoba mencari solusi terhadap beberapa permasalahan yang sering dihadapai para Sekwan.
Dalam sambutannya Ketua Umum ASDEKSI menyampaikan kembali tujuan organisasi sebagai wahana Profesi Sekwan dalam Implementasi program kerja Peningkatan komunikasi-informasi dan kerjasama dalam menjalin kerjasama sesama Anggota harus senantiasa ditingkatkan, begitu pula segenap Dewan Pengurus ASDEKSI maupun Pengurus KORDA ASDEKSI harus menjalin kerjasama dan pembagian tugas untuk mencapai tujuan dan amanah organisasi. Lebih jauh disampaikan pula bahwa dalam upaya realisasi program kerja Kepengurusan ASDEKSI masa bakti 2006-2009 yang akan memasuki pertengahan masa kepengurusan, beberapa hasil RAKERNAS I ASDEKSI seperti Pengadaan Sekretariat/Kantor ASDEKSI, Upaya Peningkatan Kapasitas dan Profesionalisme Anggota, pendataan dan Pembentukan KORDA ASDEKSI, melakukan dan menjalin kerjasama dengan Instansi terkait serta peningkatan Komunikasi dan informasi sesama Anggota telah dilaksanakan bertahap sesuai keadaan dan kemampuan Pengurus.
Acara pembukaan RAKERNAS II ASDEKSI dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Drs. Bambang Setyadi, M.Si, dihadiri kurang lebih 250 orang Anggota ASDEKSI, Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Balikpapan dan unsur Muspida dari Provinsi kalimantan Timur dan Kota Balikpapan. Dalam sambutanya mewakili MENDAGRI, Drs. Bambang Setyadi, M.Si banyak memberikan pandangan perihal perkembangan implementasi UU No. 32 Tahun 2004 terkait tugas fungsi DPRD dan peranan Sekwan yang luas, strategis namun berat dalam mendukung kerja DPRD. Untuk itu institusi Sekretariat DPRD harus didukung oleh struktur organisasi yang memahami hal yang berkaitan dengan bidang tugas sebagaimana digambarkan. Untuk mencapai kondisi ini, tentunya upaya penguatan organisasi atau kelembagaan sekretariat DPRD menjadi keharusan yang tidak dapat dielakkan.
Selama pelaksanaan RAKERNAS II ASDEKSI yang dilangsungkan selama dua hari beberapa hal penting berhasil disepakati dalam rapat antar komisi maupun rapat pleno untuk menjadi program kerja ASDEKSI Tahun 2007 – 2008 yaitu :
PROGRAM KERJA KOMISI A BIDANG ORGANISASI
1. PENGUATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN/KOTA SELURUH INDONESIA [Agenda kegiatan : pengembangan dan pengelolaan KORDA ASDEKSI]
2. PENGUATAN JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN/KOTA SELURUH INDONESIA [Agenda kegiatan: – Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait seperti BPK, Kejaksaan, Kepolisian, KPK, Bawasda, dan lain-lain. – Up date database Anggota ASDEKSI. – Penerbitan Newsletter. – Penerbitan website. – Pembuatan Kartu Anggota ASDEKSI. – Pembuatan Kalender ASDEKSI ]
PROGRAM KERJA KOMISI B PENINGKATAN SDM/PROFESIONALISME
Peningkatan Sumber Daya Manusia/Profesionalisme :
– Menyusun modul/kurikulum untuk setiap training yang dilaksanakan
– Bimtek/Training kehumasan dan Keprotokoleran
– Bintek/training legal drafting
– Bimtek/Training teknik membaca siklus anggaran, laporan aplikasi sofware sistem keuangan
– Bimtek/Training standar Akuntansi Pemerintahan
– Pertanggungjawaban penatausahaan BPOP
– Bimtek/Training Katalogisasi
– Bimtek bidang kepegawaian dan kearsipan/perpustakaan
– Bimtek/Training Pengelolaan barang dan Jasa
– Bimtek penyusunan RPJMD, KUA dan PPAS
– Bimtek UU Pemilu, Pilkada, dan Partai Politik
– Diklat risalah, Notulen dan rapat
PROGRAM KERJA KOMISI C BIDANG REKOMENDASI
1. Dalam upaya memberikan kepastian hukum tentang kedudukan status Eselonering pemangku jabatan eselon II termasuk jabatan sekretaris DPRD Kab./Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) di usulkan kepada Menteri Dalam Negeri dan instansi terkait agar kiranya batas usia pensiun terhadap pemangku jabatan eselon II bertumpu pada Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku yakni dalam batas usia pensiun 60 tahun.
2. Dalam upaya menciptakan tertib anggaran dan pertanggungjawaban anggaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di rekomendasikan agar kiranya Menteri dalam Negeri menerbitkan petunjuk teknis yang mengatur secara operasional bentuk pertanggungjawaban belanja Operasional Pimpinan DPRD sebagaimana yang diamanatkan dengan ketentuan PP No.21/2007 Jo PERMENDAGRI No.21/2007 agar tidak terjadi multi tafsir.
3. Rapat Kerja Nasional ke III Asosiasi Sekretaris DPRD Kab./Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) ditetapkan penyelenggaraannya di Kota Medan Sumatera Utara pada tahun 2008 dan yang bertindak selaku tuan rumah adalah Sekretariat DPRD Kota Medan, adapun waktu pelaksanaan akan diagendakan dalam rapat Dewan Pengurus ASDEKSI.
SAMPAI KETEMU DI RAKERNAS II ASDEKSI DI MEDAN TAHUN 2008…..HORAS BANG
SEGENAP PENGURUS DAN ASDEKSI
MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA
PEMERINTAH DAERAH KOTA BALIKPAPAN
KETUA DAN ANGGOTA DPRD KOTA BALIKPAPAN
SEKRETARIS DPRD KOTA BALIKPAPAN DAN STAFF
SEKRETARIS DPRD KOTA SAMARINDA DAN STAFF
MUSPIDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
MUSPIDA KOTA BALIKPAPAN
MASYARAKAT KOTA BALIKPAPAN
ATAS PERHATIAN, DUKUNGAN, DAN BANTUANNYA PADA PELAKSANAAN RAKERNAS II ASDEKSI
11-14 JULI 2006 DI KOTA BALIKPAPAN YANG BERLANGSUNG DENGAN BAIK.
DEWAN PENGURUS ASDEKSI
Ketua Umum
Drs. M A S ‘ U D, MM
galeri_0040 galeri_0041 galeri_0042 galeri_0043 galeri_0044 galeri_0045 galeri_0046 galeri_0047 galeri_0048 galeri_0049 galeri_0050 galeri_0051 galeri_0052 galeri_0053 galeri_0054 galeri_0055 galeri_0056 galeri_0057 galeri_0058 galeri_0059 galeri_0060 galeri_0061 galeri_0062 galeri_0063 galeri_0064 galeri_0065 galeri_0066 galeri_0067 galeri_0068 galeri_0069 galeri_0070 galeri_0071 galeri_0072 galeri_0073 galeri_0074 galeri_0075 galeri_0076 galeri_0077 galeri_0078 galeri_0079 galeri_0080 galeri_0081 galeri_0082 galeri_0083 galeri_0084 galeri_0085 galeri_0086 galeri_0087 galeri_0088 galeri_0089 galeri_0090 galeri_0091