Galeri Kegiatan

RAKORNAS ASDEKSI Maret 2014

Kegiatan RAKORNAS ASDEKSI 2014 yang dilaksanakan di kota Padang tanggal 19-21 Maret 2014, telah dihadiri 19 Pengurus Wilayah dari 32 Pengurus Wilayah di seluruh Indonesia. Sebagai suatu kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan rapat kerja nasional/RAKERNAS ASDEKSI, Rakornas ditingkat Pengurus Nasional dengan Pengurus Wilayah, dimaksudkan untuk membahas persoalan organisasi dan persoalan-persoalan yang dihadapi setwan di daerah. Sebagai wujud dari pelaksanaan RAKORNAS 2014, beberapa poin penting telah dirumuskan sebagai bahan materi untuk dibawa ke RAKERNAS VII ASDEKSI di Semarang pada bulan Mei 2014.
Direktur fasilitasi kepala daerah, DPRD dan Hubungan Antar Lembaga, Ditjend. OTDA Kemendagri, Dr. Dodi Riyadmadji, MM dalam sambutannya saat pembukaan RAKORNAS ASDEKSI Tahun 2014 mengingatkan bahwa ASDEKSI sebagai suatu organisasi yang sehat, siklus organisasi yang berjalan secara berkelanjutan (sustainable) tidak hanya menjadi simbol dari eksistensi ASDEKSI sebagai organisasi yang menghimpun para Sekretaris DPRD seluruh Indonesia, akan tetapi juga menjadi indikator utama yang menunjukkan keberhasilan ASDEKSI dalam memberikan manfaat, baik untuk para anggotanya secara langsung maupun bagi anggota DPRD secara tidak langsung.
Pada kesempatan tersebut Dodi Riyadmadji juga memeberi apresiasi dan menyambut baik upaya ASDEKSI untuk memfokuskan diri pada hal – hal yang lebih bersifat subtansial, yakni dalam bentuk perumusan kerangka dasar program kerja yang merujuk pada program kaderisasi melalui penciptaan kecerdasan sumber daya aparatur profesional serta memformulasikan prioritas strategi bagi pelaksanaan program modernisasi kelembagaan Sekretariat DPRD yang ideal dan sesuai dengan peraturan perundangan.
Lebih jauh Direktur FKDH ini juga mengharapkan agar pelaksanaan RAKORNAS ini diarahkan untuk memperkuat pemberdayaan pengurus wilayah ASDEKSI yang telah berkumpul dengan tujuan untuk : Pertama, up-dating pemetaan hambatan dan kekuatan dalam pelaksanaan tugas Sekwan; Kedua, memperluas akses pemahaman atas isu – isu aktual guna menunjang program yang telah digariskan organisasi; Ketiga, saling tukar informasi atas pengalaman / best practices sebagai wujud dari peran aktif anggota untuk memberikan sumbang saran pemikiran bagi pengembangan / inovasi program organisasi.
Mengakhiri sambutannya Dodi Riyadmadji juga berpesan agar sekwan Kab./Kota dapat menyadari bersama bahwa tahun 2014 sebagai tahun pemilu, tentunya akan membawa konsekuensi pada perubahan komposisi kepartaian maupun keanggotaan di DPRD Kabupaten/Kota. Begitu pula harus dicermati bahwa unsur – unsur anggota yang nantinya terpilih beberapa orang merupakan anggota DPRD yang baru pertama kali menduduki jabatan tersebut. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para Sekwan untuk memberikan pemahaman terhadap posisinya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, sekaligus mendorong para Anggota DPRD untuk mengoptimalisasikan peran dan fungsi yang diemban selama lima tahun ke depan. Demikian juga halnya, di tengah meningkatnya dinamika politik menjelang maupun pasca Pemilu yang semakin tinggi, hendaknya ASDEKSI dapat terus memegang teguh prinsip netralitas birokrasi, karena sesungguhnya di atas lapangan netralitas itulah marwah organisasi ini tegak berdiri. @red.rma
.
RAKORNAS-PADANG-1-585
RAKORNAS-PADANG-2-585