Galeri Kegiatan

Pertanggungjawaban Keuangan Sekretariat DPRD dalam Kerangka Pemeriksaan Keuangan oleh BPK

Mengawali tahun 2014, pada tanggal 13-16 Februari, ASDEKSI menyelenggarakan kegiatan peningkatan SDM aparatur sekretariat DPRD di kota Manado. Ir. MHF Sendoh, Sekretaris kota Manado, yang membuka Workshop Nasional Asdeksi menyampaikan terima kasih dan menyambut baik pelaksanaan acara ASDEKSI diselenggarakan di kota Manado. meskipun kota Manado dan sekitarnya sempat lumpuh akibat bencana banjir bandang. Lebih jauh ia juga berpesan agar kegiatan peningkatan kapasitas staf sekretariat terus ditingkatkan dalam rangka mendukung kerja DPRD.
Pada sesi pertama kegiatan, materi Optimalisasi Peran Sekretariat DPRD terhadap Pertanggungjawaban Keuangan dalam Kerangka Pemeriksaan Keuangan BPK dengan narasumber Dr.Erwin Antoni, Auditor BPK RI, mengatakan bahwa saat ini fokus permasalahan dalam pertanggungjawaban keuangan sekretariat DPRD dalam kerangka pemeriksaan keuangan oleh BPK mencakup ; Pertama : Pertanggungjawaban Belanja Perjalanan Dinas, Kedua : Pertanggungjawaban Belanja Makan Minum, ketiga : Pertanggungjawaban Honor Kegiatan, Keempat : Pertanggungjawaban Belanja Sewa Rumah, Kelima : Pertanggungjawaban Biaya Asuransi.
Secara umum dari kelima hal tersebut, pemeriksaan yang dilakukan BPK terkait masalah dalam dokumen pertanggungjawaban perjalanan dinas, hal-hal yang sering dijumpai adalah: Terdapat selisih harga tiket maskapai resmi dengan travel agen yang terlalu jauh sehingga berindikasi markup; Harga sewa kamar per malam berbeda dengan rate resmi yang dikeluarkan oleh hotel; Pegawai yang melakukan perjalanan dinas tidak pernah melakukan perjalanan dinas (fiktif), hanya modus untuk mengumpulkan uang untuk dana taktis; Jumlah pegawai dan hari perjalanan dinas tidak sesuai dengan surat tugas; Dalam satu hari perjalanan dinas bisa dilakukan di dua tempat yang berbeda dengan realisasi biaya perjalanan dinas dihitung dua kali.
Sementara itu pada sesi belajar bersama berbagi pengalaman terkait tugas pokok dan fungsi pada sekretariat DPRD, persoalan pertanggungjawaban keuangan ini juga dibahas lebih lanjut dengan menghadirkan narasumber Sekwan Kabupaten Kampar – Ramlah, Sekwan Kabupaten Biak Numfor – Paulus Resirwawan, dan Sekwan Kabupaten Banggai Kepulauan – Agli Pataboga. Sebagai pendamping diskusi hadir beberapa pengurus ASDEKSI dan Dr.Erwin Antoni sebagai pakar yang memberikan pandangan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan benar.
Sementara itu terkait sosialisasi atas Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara – ASN, ASDEKSI menghadirkan narasumber Endang Susilowati, SH – Asisten Deputi Perencanaan dan Sistem Informasi SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Begitu pula guna memberikan pemahaaman kepada aparatur setwan terkait pengadaan barang dan jasa pada Sekretariat DPRD, pada sesi terakhir diangkat juga materi sosialisasi penerapan sistem E-Procurement dengan narasumber dari LKPP, Rita Berlis – Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wilayah II, dan Tatang Rustandar W Direktur Pengembangan SPSE LKPP. @red.rma
MANADO-1-585
MANADO-2-585
MANADO-3-585